Seminar-Nasional-LPTK-Kerjasama-dan-Refleksi-Kunci-Menyiapkan-Guru-Unggul

Seminar Nasional LPTK: Kerjasama dan Refleksi Kunci Menyiapkan Guru Unggul

Kolaborasi dan refleksi antara pengawas lapangan, guru tutor dan calon guru menjadi kunci dalam mempersiapkan calon guru yang unggul melalui program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG).

Pola ini menyadarkan para calon guru yang melatih siswa akan pentingnya guru untuk terus merenungkan dan meningkatkan pembelajaran.

Begitu juga dengan dosen dan pejabat yang mengikuti refleksi untuk memperbaiki pola

pendampingan bagi mahasiswa.

Inilah kunci temuan studi pemberdayaan dosen dan tenaga pengajar pengabdian masyarakat bahwa Tanoto Foundation mempresentasikan program persiapan PPG dengan empat LPTK mitra, yaitu Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya dan disponsori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (3 November 2011).

“Studi ini juga mengembangkan 13 inovasi untuk meningkatkan kemahiran dan kolaborasi antara instruktur dan tutor untuk mendukung siswa guru dengan kerja praktek di lapangan,” kata Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

“Inovasi tersebut akan diterbitkan dalam bentuk buku berjudul ‘Mencari Model PPG untuk Indonesia’

yang tersedia untuk umum di website program PINTAR Tanoto Foundation,” jelas Satrijo hasil kajian dalam Seminar Inovasi LPTK Persiapan Anda guru yang sangat baik.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Dalam penelitian ini, tim peneliti mengembangkan model inovatif untuk pendampingan calon guru siswa yang disebut C-NAR, atau Collaborative Nested Classroom Action Research. C-NAR menawarkan kerangka kerja baru untuk penelitian tindakan dalam pendidikan.

Saat melakukan Collaborative Classroom Action Research (PTB) dengan mahasiswa, dosen dan tutor juga melakukan Pendampingan Action Research (PTB) guna menemukan jalur kepemimpinan yang paling cocok.

Baca juga: Survei: Kualitas Guru Jadi Penggerak Terbesar Prestasi Siswa
Sinergi meningkatkan kualitas

Pelaksanaan program PPG prajabatan di 4 LPTK mitra studi dan 4 LPTK selanjutnya

juga diperiksa oleh Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Sosial Ekonomi (LP3ES).

Penelitian yang dilakukan pada Juni-Agustus 2021 menemukan bahwa penggunaan C-NAR menciptakan kedekatan yang kuat antara fakultas dan pejabat dalam pendampingan mahasiswa PPG.

LIHAT JUGA :

https://nac.co.id/
https://futsalin.id/
https://evitdermaclinic.id/
https://kabarsultengbangkit.id/
https://journal-litbang-rekarta.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://www.greenlifestyle.or.id/
https://www.kopertis2.or.id/
https://rsddrsoebandi.id/
https://www.ktb-mitsubishimotors.co.id/
https://www.topijelajah.com/
https://mesinmilenial.com/

Related Posts